Powered by Blogger.

Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Pneumonia

Selamat datang kembali, dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami, pada kali ini kita akan membahas pengertian, gejala,  penyebab dan pengobatan pneumonia. Pastikan anda membacanya hingga habis ya :)

1. Pengertian Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi pada satu atau kedua paru-paru. Hal ini dapat disebabkan oleh jamur, bakteri, atau virus. Pneumonia menyebabkan peradangan di kantung-kantung udara paru-paru, atau alveoli. Alveoli dipenuhi cairan atau nanah, sehingga sulit untuk bernapas.

2. Gejala Pneumonia

Gejala umum pneumonia bakteri dapat berkembang dengan cepat dan mungkin termasuk:
Sakit dada, menggigil, demam, batuk kering, mengi, nyeri otot, mual, muntah, napas cepat, denyut jantung yang cepat, sulit bernafas
Beberapa gejala mungkin menunjukkan keadaan darurat medis. Anda harus mencari perhatian medis segera jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut: kulit dengan nada kebiruan (karena kekurangan oksigen), darah dalam dahak (batuk-lendir), sesak napas, demam tinggi (102,5 ° F atau lebih tinggi), kebingungan, denyut jantung yang cepat.

Gejala pneumonia dapat berkisar dari ringan sampai mengancam nyawa. Tingkat keparahan pneumonia biasanya tergantung pada:
  • Penyebab peradangan
  • Henis organisme yang menyebabkan infeks
  • Usia
  • Kesehatan umum

3. Jenis Penyebab Pneumonia

Ada lima jenis utama pneumonia. Diantaranya:
  • Pneumonia bakteri
Pneumonia bakteri dapat menyerang siapa saja pada usia berapa pun. Hal ini dapat mengembangkan sendiri atau setelah flu dingin atau serius. Penyebab paling umum pneumonia bakteri adalah Streptococcus pneumoniae. Pneumonia bakteri juga bisa disebabkan oleh Chlamydophila pneumonia atau Legionella pneumophila. Pneumocystis pneumonia jiroveci kadang-kadang terlihat pada mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena penyakit seperti AIDS atau kanker.
  • Viral Pneumonia
Dalam kebanyakan kasus, virus pernafasan dapat menyebabkan pneumonia, terutama pada anak-anak dan orang tua. Pneumonia biasanya tidak serius dan berlangsung dalam waktu singkat. Namun, virus flu dapat menyebabkan radang paru-paru menjadi parah atau fatal. Ini sangat berbahaya bagi wanita hamil atau individu dengan masalah jantung atau paru-paru. Menyerang bakteri dapat menyebabkan komplikasi pneumonia virus.
  • Mycoplasma Pneumonia
Organisme Mycoplasma tidak virus atau bakteri, tetapi mereka memiliki ciri-ciri umum untuk keduanya. Mereka adalah agen terkecil dari penyakit yang mempengaruhi manusia. Mycoplasmas umumnya menyebabkan kasus-kasus ringan pneumonia, paling sering pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa muda.
  • Jenis lain dari Pneumonia
Banyak jenis tambahan pneumonia mempengaruhi individu kekebalan dikompromikan. TBC dan Pneumonia carinii pneumonia (PCP) umumnya mempengaruhi orang dengan sistem kekebalan ditekan, seperti mereka yang memiliki AIDS. Bahkan, PCP bisa menjadi salah satu tanda-tanda pertama dari penyakit pada orang dengan AIDS.

Jenis kurang umum pneumonia juga bisa serius. Pneumonia dapat disebabkan oleh menghirup makanan, debu, cair, atau gas, serta oleh berbagai jamur.

4. Pengobatan Pneumonia

Jenis pengobatan yang diresepkan untuk pneumonia sebagian besar tergantung pada jenis pneumonia hadir, serta seberapa parah itu. Dalam banyak kasus, pneumonia dapat diobati di rumah.
  • Pengobatan Umum
Rencana perawatan khas untuk pneumonia termasuk mengambil semua obat yang diresepkan dan berpartisipasi dalam perawatan tindak lanjut. Sebuah sinar-X dada mungkin diperintahkan untuk memastikan pneumonia Anda telah berhasil diobati.
Baca juga : Obat Pneumonia Alami
  • Mengobati bakteri Pneumonia
Antibiotik digunakan untuk mengobati jenis pneumonia. Antibiotik harus diambil sebagai diarahkan. Jika Anda berhenti mengambil antibiotik sebelum pengobatan selesai, pneumonia dapat kembali. Kebanyakan orang akan membaik setelah 1-3 hari pengobatan.
  • Mengobati Viral Pneumonia
Antibiotik tidak berguna jika virus adalah penyebab pneumonia. Namun, obat antivirus tertentu dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Gejala biasanya jelas dalam waktu satu sampai tiga minggu.

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan mengenai pengertian, gejala,  penyebab dan pengobatan pneumonia. Semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih telah menyimak :)

0 Responses to “Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Pneumonia”

Post a Comment