Powered by Blogger.

Cara Kerja Paru Paru Manusia

Bernapas merupakan salah satu ciri dan aktifitas mahluk hidup. Istilah pernapasan sering disama artikan dengan istilah respirasi walaupun istilah tersebut secara harfiah berbeda. Pernapasan (breathing) berarti menghirup udara dari lingkungan luar kedalam tubuh dan mengeluarkan udara sisa dari dalam tubuh kelingkungan luar. Sedangkan respirasi (respiration) berarti suatu proses pembakaran (oksidasi) senyawa organik (bahan makanan) didalam sel guna memperoleh energi. Pernapasan adalah proses pengambilan O2 untuk oksidasi biologi, pengeluaran H2O dan CO2, dan pembetukan energi yang terjadi didalam sel. Pada vertebrata, termasuk manusia pernapasan terjadi melalui alat pernapasan.


Proses pengambilan udara masuk kedalam tubuh disebut inspirasi atau menarik napas. Pengeluaran udara dari dalam tubuh disebut ekspirasi atau menghembuskan napas. Ada dua macam mekanisme parnapasan, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Pernapasan dada terjadi karena gerakan tulang-tulang rusuk oleh otot-otot antar rusuk (interkostal). Pernapasan perut terjadi karena gerakan otot diafragma (sekat rongga badan yang membatasi rongga dada dan rongga perut).
Pernapasan berlangsung 2 tahap, yaitu :
1.Pernapasan eksternal (pernapasan luar), ialah difusi gas dari luar masuk kedalam aliran darah (pertukaran O2 dari darah).
2.Pernapasan internal (pernapasn dalam), ialah difusi gas atau pertukaran gas dari darah ke sel-sel tubuh.
Paru-paru kita terdiri dari organ-organ yang sangat komplek. Bernapas terutama digerakkan oleh otot diafragma (otot yang terletak antara dada dan perut). Saat kita menghirup udara, otot diafragma akan mengerut, ruang yang menampung paru-paru akan meluas. Dan begitu pula sebaliknya, saat kita menghembuskan udara diafragma akan mengembang dan paru-paru akan mengempis mengeluarkan udara mirip balon yang kempis.

Akibatnya, udara terhirup masuk dan terdorong keluar paru-paru melalui trakea dan tube bronkial atau bronchi, yang bercabang-cabang dan ujungnya merupakan alveoli, yakni kantung-kantung kecil yang dikelilingi kapiler yang berisi darah. Di sini oksigen dari udara berdifusi ke dalam darah, dan kemudian dibawa oleh hemoglobin.

Pada istem pernafasan manusia, kita rata-rata menghirup udara 8.000 - 9.000 liter udara perhari yang digunakan untuk 9.000 liter darah yang di pompakan dari jantung kita.

Cara Kerja Paru Paru Manusia
  • Pada saat oksigen dihirup melalui hidung, oksigen tidak akan langsung masuk ke dalam paru-paru tetapi melewati bronkus dahulu. Setelah itu baru oksigen tadi yang sudah melewati bronkus masuk ke dalam organ paru-paru
  • Oksigen yang masuk ke dalam tubuh manusia akan berdifusi melewati pembuluh darah berupa kapiler – kapiler arteri melalui cara difusi. Kapiler – kapiler ini terdapat pada alveolus yang merupakan cabang dari Bronkiolus. Pada alveolus inilah akan terjadi pertukaran, yang merupakan pertukaran gas oksigen dengan gas karbondioksida.
  • Oksigen yang diikat oleh hemoglobin dalam sel – sel darah merah (eritrosit), setelah itu akan diedarkan ke seluruh sel – sel tubuh  yang nantinya akan digunakan oleh mitokondoria alam respirasi tingkat seluler untuk menghasilkan energi berupa ATP (Adenosin Tripospat).
  • Karbondioksida yang sudah diproses oleh paru-paru akan dibawa oleh kapiler vena ke alveolus setelah dikeluarkan di alveolus melalui proses respirasi.