Powered by Blogger.

Fakta, Pengertian, Penyebab Dan Pengobatan Pneumotoraks

Selamat datang kembali, dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami, pada kali ini kita akan membahas fakta, pengertian, penyebab dan pengobatan pneumotoraks kolaps paru paru. Pastikan anda membacanya hingga habis ya :)

 1. Fakta Pneumotoraks

Sebuah pneumotoraks adalah kumpulan udara bebas di rongga dada (rongga dada) yang menyebabkan paru-paru runtuh.
Pneumotoraks dapat terjadi sendiri tanpa adanya penyakit yang mendasari; ini disebut pneumotoraks spontan.
Pneumotoraks juga dapat terjadi sebagai akibat dari cedera atau penyakit paru yang mendasarinya.
Sebuah pneumotoraks spontan kecil dapat mengatasi tanpa pengobatan; pneumotoraks yang timbul sebagai akibat dari penyakit paru-paru atau cedera memerlukan perawatan segera.
Perawatan mungkin termasuk penyisipan tabung dada atau aspirasi dari udara bebas di rongga dada.

2. Pengertian Pneumotoraks

Sebuah pneumotoraks adalah kumpulan udara bebas di dada luar paru-paru yang menyebabkan paru-paru runtuh. Sebuah pneumotoraks spontan, juga disebut sebagai pneumotoraks primer, terjadi karena tidak adanya cedera traumatik pada dada atau penyakit paru-paru yang dikenal. Sebuah sekunder (juga disebut rumit) pneumotoraks terjadi sebagai akibat dari kondisi yang mendasarinya.

3. Penyebab Pneumotoraks

Paru paru biasanya mengembang dengan meningkatkan ukuran rongga dada, menghasilkan (vakum) tekanan negatif dalam rongga pleura (area di dalam rongga dada tetapi di luar paru-paru). Jika udara memasuki ruang pleura baik dengan lubang di paru-paru atau dinding dada, tekanan dalam rongga pleura sama dengan tekanan luar tubuh. Dengan demikian, vakum hilang dan paru-paru runtuh.

Pneumotoraks spontan disebabkan oleh pecahnya kista atau kantung kecil (bleb) pada permukaan paru. Pneumotoraks juga dapat terjadi setelah cedera pada dinding dada seperti tulang rusuk patah, cedera penetrasi (tembakan pistol atau menusuk), invasi bedah dada, atau mungkin sengaja diinduksi untuk runtuh paru. Sebuah pneumotoraks juga dapat berkembang sebagai hasil dari penyakit paru-paru yang mendasari, termasuk fibrosis kistik , penyakit paru obstruktif kronik ( PPOK ), kanker paru-paru , asma , dan infeksi paru-paru.

4. Siapa Yang Berisiko Untuk Pneumotoraks?

Pneumotoraks spontan lebih sering terjadi pada laki-laki. Merokok telah terbukti meningkatkan risiko pneumotoraks spontan.

5. Apa Tension Pneumothorax?

Dalam beberapa kasus, paru-paru terus bocor udara ke dalam rongga dada dan menyebabkan kompresi struktur dada, termasuk pembuluh yang mengalirkan darah kembali ke jantung. Ini disebut sebagai pneumothorax ketegangan dan dapat berakibat fatal jika tidak segera diobati.

6. Apa Saja Tanda Dan Gejala Pneumotoraks?

Gejala pneumotoraks termasuk nyeri dada yang biasanya memiliki onset mendadak. The nyeri tajam dan dapat menyebabkan perasaan sesak di dada. Sesak napas , denyut jantung cepat, cepat pernapasan , batuk , dan kelelahan adalah gejala lain dari pneumothorax. Kulit mungkin mengembangkan warna kebiruan (diistilahkan cyanosis) karena penurunan kadar oksigen darah.

7. Bagaimana Pneumotoraks Didiagnosis?

Pemeriksaan dada dengan stetoskop mengungkapkan penurunan atau napas tidak ada suara selama paru yang terkena. Diagnosis dikonfirmasi oleh sinar-X dada

8. Apa Pengobatan Untuk Pneumotoraks?

Sebuah pneumotoraks kecil tanpa penyakit paru dapat mengatasi sendiri dalam satu sampai dua minggu. Sebuah pneumotoraks lebih besar dan pneumothorax yang berhubungan dengan penyakit paru-paru yang mendasari sering membutuhkan aspirasi udara bebas dan / atau penempatan tabung dada untuk mengevakuasi udara. Komplikasi yang mungkin dari tabung penyisipan dada termasuk nyeri , infeksi ruang antara paru-paru dan dinding dada (rongga pleura), perdarahan, akumulasi cairan di paru-paru, dan tekanan darah rendah ( hipotensi ). Dalam beberapa kasus, kebocoran tidak menutup sendiri. Ini disebut fistula bronkopleural, dan mungkin memerlukan operasi dada untuk memperbaiki lubang di paru-paru.

Baca juga : Obat Herbal Pneumotoraks

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan mengenai  fakta, pengertian, penyebab dan pengobatan pneumotoraks kolaps paru paru. Semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih telah menyimak :)

0 Responses to “Fakta, Pengertian, Penyebab Dan Pengobatan Pneumotoraks”

Post a Comment